Jelajahi

Copyright © Kompaz Candil Kuya Created with by Candil Kuya
Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Masa Depan Internet yang Lebih Aman Teknologi Kuantum

ADMIN
Minggu, Juni 20, 2021, 00:10 WIB Last Updated 2021-06-20T19:35:43Z

Masa Depan Internet yang Lebih Aman Teknologi Kuantum
Masa Depan Internet yang Lebih Aman Teknologi Kuantum

Perusahaan elektronik teknologi tinggi asal Jepang, Toshiba dilaporkan telah merancang teknologi internet kuantum yang diklaim lebih aman untuk digunakan.

Teknologi internet kuantum nantinya memungkinkan terhubung dengan komputer kuantum untuk mengatasi beberapa masalah besar di sektor keamanan internet.

Kini para peneliti di Toshiba telah mendemonstrasikan layanan komunikasi kuantum, yang dikirim melalui serat optik sepanjang 600 kilometer hingga memecahkan rekor.

Dikutip Phys, pada komputer konfensional saat ini, informasi dikodekan dalam bit yang direpresentasikan sebagai nol atau satu.

Tetapi dalam komputer kuantum, informasi dikodekan dalam bit kuantum (qubit) yang dapat berubah saat bersamaan. Hal itu secara drastis dinggap dapat memperluas potensi daya komputasi, yang artinya dapat mengatasi masalah di luar cakupan komputer biasa.

Tetapi tantangan dengan komputasi kuantum yakni qubit dianggap sensitif terhadap gangguan dari alam seperti fluktuasi suhu atau getaran yang berisiko mengacak data. Tantangan itu membuatnya sulit untuk mengirimkan informasi kuantum jarak jauh.

Sekarang, para peneliti di Toshiba mempertaruhkan klaim atas rekor jarak untuk komunikasi kuantum melalui serat optik.

Kuncinya adalah teknik stabilisasi pita ganda akan dikembangkan, untuk mengirimkan dua sinyal referensi optik bersama dari qubit.

Sinyal referensi pertama mengirimkan panjang gelombang yang dirancang untuk menghilangkan fluktuasi lingkungan, sedangkan yang kedua berfungsi pada panjang gelombang yang sama dengan qubit.

Dengan menggunakan teknik pita ganda ini, tim mampu menjaga sinyal kuantum tetap konstan hingga beberapa lusin nanometer.

Para peneliti mengatakan bahwa penggunaan pertama teknologi akan digunakan untuk pemanfaatan enkripsi yang dinamai Quantum Key Distribution (QKD).

Teknik enkripsi ini memanfaatkan aturan kuantum di mana tindakan pembobolan tidak akan berguna bagi peretas, lalu sistem akan memberi peringatan pengguna akan upaya tersebut.

"QKD telah digunakan untuk mengamankan jaringan area metropolitan dalam beberapa tahun terakhir," kata Andrew Shields, Kepala Divisi Teknologi Quantum di Toshiba Eropa, dilansir New Atlas.

Lebih lanjut ia menjelaskan QKD juga dianggap dapat memperluas rentang jaringan kuantum, sehingga memungkinkan untuk menghubungkan kota-kota di seluruh negara dan benua, tanpa menggunakan node perantara.*CNNindonesia



Best Video :
Silahkan Komentar Anda

Tampilkan


Berita Terkini




BERITA OLAHRAGA

+

BERITA OTOMOTIF

+

BERITA TEKNOLOGI

+
X
X
×
BERITA UTAMA TERKINI